Thursday, 1 March 2012

imam ABU HASAN ASHAARI CUCU ABU MUSA ASSHAARI


Aqidah Imam Abul Hassan as-Sya'ari



Ikuti sejarah beliau, bagaimana beliau terpengaruh dengan fahaman

Muktazilah dan akhirnya bagaimana beliau bertaubat masuk ke dalam

Aqidah ahlusSunnah wal Jamaah.



Seperti apa yang ditulis di dalam kitab Siyar A'lamin Nubala' oleh

al-Imam Adz-Dzahabi 15/85-90, dan Tarjemah Abul Hasan al-Asy'ari oleh

Syaikh Hammad bin Muhammad al-An¬shari cetakan ketiga 1390 H:



Beliau adalah al-Imam Abul Hasan Ali bin Ismail bin Abu Bisyr Ishaq

bin Salim bin Ismail bin Abdullah bin Musa bin Bilal bin Abu Burdah

bin Abu Musa al-Asy'ari Abdullah bin Qais bin Hadhar salah seorang

sahabat Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam yang masyhur.

Dilahirkan pada tahun 260 H di Basrah, Irak.



Beliau mengambil ilmu kalam dari ayah tirinya, Abu Ali al-Jubai,

seorang imam kelompok Mu'tazilah.



Ketika beliau keluar dari pemikiran Mu'tazilah, beliau memasuki kota

Baghdad dan mengambil hadis dari muhaddis Baghdad Zakariya bin Yahya

as-Saji. Demikian juga, beliau belajar kepada Abul Khalifah al-Jumahi,

Sahl bin Nuh, Muhammad bin Ya'qub al-Muqri, Abdurrahman bin Khalaf

al-Bashri, dan para ula¬ma thabaqah mereka.



Al-Hafizh Ibnu Asakir berkata di dalam kitabnya Tabyin Kadzibil

Muftari fima Nusiba ila Abil Hasan al-Asy'ari, ''Abu Bakr Ismail bin

Abu Muhammad al-Qairawani berkata, 'Sesungguhnya Abul Hasan al-Asy'ari

awalnya mengikuti pemikiran Mu'taziIah selama 40 tahun dan jadilah

beliau seorang imam mereka. Suatu saat beliau menyepi dari manusia

selama 15 hari, sesudah itu beliau kembali ke Bashrah dan solat di

masjid Jami' Bashrah.



Selesai solat Jum'at beliau naik ke mimbar seraya mengatakan: Wahai

manusia, sesungguhnya aku menghilang dari kalian pada hari-hari yang

lalu kerana aku melihat suatu permasalahan yang dalil-dalilnya

sama-sama kuat sehingga tidak mampu aku tentukan mana yang haq dan

mana yang batil, maka aku memohon petunjuk kepada Allah Subhanahu wa

Ta'ala sehingga Allah memberikan petunjuk kepadaku yang aku tuliskan

dalam kitab- kitabku ini, aku telah melepaskan diriku dari semua yang

sebelum¬nya aku yakini, sebagaimana aku lepaskan bajuku ini.



Maka beliau melepas baju beliau dan beliau serahkan kitab-kitab

tersebut kepada manusia. Ketika ahlul hadis dan fiqh membaca

kitab-kitab tersebut mereka mengambil apa yang ada di dalamnya dan

mereka mengakui kedudukan yang agung dari Abul Hasan al-Asy'ari dan

menjadikannya sebagai imam.'"



Para pakar hadis (Ashhabul hadis) sepakat bahwa Abul Hasan al-Asy'ari

adalah salah seorang imam dari ashhabul hadis. Beliau berbicara pada

pokok-pokok agama dan membantah orang-orang menyeleweng dari ahli

bid'ah dan ahwa' dengan menggunakan al-Qur'an dan Hadis dengan

pemahaman para sahabat. Beliau adalah pedang yang terhunus atas

Mu'taziah, Rafidhah, dan para ahli bid'ah.



Abu Bakr bin Faurak berkata, ''Abul Hasan al-Asy'ari keluar dari

pemikiran Mu'tazilah dan mengikuti madzhab yang sesuai dengan para

sahabat pada tahun 300 H."



Abul Abbas Ahmad bin Mu¬hammad bin Khalikan berkata dalam kitabnya,

Wafayatul A'yan (2/446), ''Abul Hasan al-Asy'ari awalnya mengikuti

pemikiran Mu'tazilah kemudian bertaubat."



Al-Hafizh Ibnu Katsir berka¬ta dalam kitabnya, al-Bidayah wan Nihayah

(11/187), "Sesungguhnya Abul Hasan al-Asy'ari awalnya adalah seorang

Mu'tazilah kemu¬dian bertaubat dari pemikiran Mu'tazilah di Bashrah di

atas mimbar, kemudian beliau tampakkan aib-aib dan kelemahan pemikiran

Mu'tazilah."



Tajuddin as-Subki berkata dalam kitabnya, Thabaqah Syafi'iyyah

al-Kubra (2/246), ''Abul Hasan al-Asy'ari mengikuti pemikiran

Mu'tazilah selama 40 tahun hingga menjadi imam kelompok Mu'tazilah.

Ketika Allah menghendaki membela agamaNya dan melapangkan dada beliau

untuk ittiba' kepada al-Haq maka beliau menghilang dari manusia di

rumahnya." (Kemudian Tajuddin as-Subki menyebutkan apa yang dikatakan

oleh al-Hafizh Ibnu Asakir di atas).



Ibnu Farhun al-Maliki berkata dalam kitabnya Dibajul Madz¬hab fi

Ma'rifati A'yani Ulama'il Madzhab (hal. 193), ''Abul Hasan al-Asy'ari

awalnya adalah seorang Mu'tazilah, kemudian keluar dari pemikiran

Mu'tazilah kepada mazhab yang haq madzhabnya para sahabat. Banyak yang

hairan dengan hal itu dan bertanya se¬babnya kepada beliau, Maka

beliau menjawab bahwa beliau pada bulan Ramadhan bermimpi bertemu Nabi

Shalallahu 'alaihi wasallam yang memerintahkan kepada beliau agar

kembali kepada kebenaran dan membelanya, dan demikianlah kenyataannya

-walhamdulillahi Taala-."



Murtadha az-Zabidi berkata dalam kitabnya Ittihafu Sadatil Muttaqin bi

Syarhi Asrari lhya' Ulumiddin (2/3), ''Abul Hasan al-Asy'ari mengambil

ilmu kalam dari Abu Ali al-Jubba'i (tokoh Mu'tazilah), kemudian beliau

tinggalkan pemikiran Mu'tazilah dengan sebab mimpi yang beliau lihat,

beliau keluar dari Mu'tazilah secara terang-terangan, beliau naik

mimbar Bashrah pada hari Jum'at dan menyeru dengan lantang,

'Barangsiapa yang telah mengenaliku maka sungguh telah tahu siapa

diriku dan barangsiapa yang belum kenal aku maka aku adalah Ali bin

Ismail yang dulu aku mengatakan bahwa al-Qur'an adalah makhluk,

bahwasanya Allah tidak boleh dilihat di akhirat dengan mata, dan

bahwasanya para hamba menciptakan perbuatan-perbuatan mereka. Dan

sekarang lihatlah aku telah bertaubat dari pemikiran Mu'tazilah dan

meyakini bantahan atas mereka,' kemudian mulailah beliau membantah

mereka dan menulis yang menyelisih pemikiran mereka."



Kemudian az-Zabidi berkata, "Ibnu Katsir berkata, 'Para ulama

menyebutkan bahwa Syaikh Abul Hasan al-Asy'ari memiliki tiga fasa

pemikiran:



Pertama mengikuti pemikiran Mu'tazilah yang kemu¬dian beliau keluar darinya,

Kedua menetapkan tujuh sifat aqliyyah, yaitu; Hayat, Ilmu, Qudrah,

Iradah, Sama', Bashar, dan Kalam, dan beliau menakwil sifat-sifat

khabariyyah seperti wajah, dua tangan, telapak kaki, betis, dan yang

semisalnya.

Ketiga adalah menetapkan semua sifat Allah tanpa takyif dan tasybih

sesuai manhaj para sahabat yang merupakan metode beliau dalam kitabnya

al-Ibanah yang beliau tulis belakangan.'"



Di antara tulisan-tulisan beliau adalah; al-Ibanah an Ushuli Diyanah,

Maqalatul Islamiyyin, Risalah Ila Ahli Tsaghr, al-Luma' fi Raddi ala

Ahlil Bida', al-Mujaz, al-Umad fi Ru'yah, Fushul fi Raddi alal

Mulhidin, Khalqul A'mal, Kitabush Shifat, Kitabur Ruyah bil Ab¬shar,

al-Khash wal 'Am, Raddu Alal Mujassimah, Idhahul Burhan, asy-Syarh wa

Tafshil, an-Naqdhu alal Jubai, an-naqdhu alal Balkhi, Jumlatu

Maqalatil Mulhidin, Raddu ala lbni Ruwandi, al-Qami' fi Raddi alal

Khalidi, Adabul Jadal, Jawabul Khurasaniyyah, Jawabus Sirafiyyin,

Jawabul Jurjaniyyin, Masail Mantsurah Baghdadiyyah, al- Funun fi Raddi

alal Mulhidin, Nawadir fi Daqaiqil Kalam, Kasyful Asrar wa Hatkul

Atsar, Tafsirul Qur'an al-Mukhtazin, dan yang lainnya.



al-Imam Ibnu Hazm Rohimahullah berkata, "al-Imam Abul Hasan al-Asy'ari

memiliki 55 tulisan.



al-Imam Abul Hasan al-Asy'ari Rohimahullah berkata dalam kitabnya

al-Ibanah an Ushuli Diyanah hal. 17:



Apabila seseorang bertanya, "Kamu mengingkari perkataan Mu'tazilah,

Qadariyyah, Jahmiyyah, Haruriyyah, Rafidhah, dan Murji'ah. Maka

terangkan kepada kami pendapatmu dan keyakinanmu yang engkau beribadah

kepada Allah dengannya!" Jawablah, "Pendapat dan keyakinan yang kami

pegangi adalah berpegang teguh dengan kitab Rabb kita, sunnah Nabi

kita Shalallahu 'alaihi wasallam dan apa yang diriwayatkan dari para

sahabat, tabi'in, dan para ahli hadits. Kami berpegang teguh

dengannya. Dan berpendapat dengan apa yang dikatakan oleh Abu Abdillah

Ahmad bin Muhammad bin Hanbal."



Ringkas perkataan kami bahwasanya kami beriman kepada Allah, para

malaikatNya, kitab-kitabNya, para rasulNya, dan apa yang dibawa oleh

mereka dari sisi Allah dan apa yang diriwayatkan oleh para ulama yang

terpercaya dari Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam, kami tidak

akan menolak sedikitpun. Sesungguhnya Allah adalah Ilah yang Esa,

tiada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Dia, Dia Esa dan tempat

bergantung seluruh makhluk, tidak membutuhkan anak dan isteri. Dan

bahwasanya Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam adalah hamba dan

urusanNya. Allah mengurusnya dengan membawa petunjuk dan dien yang

benar. Surga dan neraka benar adanya. Hari kiamat pasti datang, tidak

ada kesamaran sedikitpun.



Dan Allah akan membangkitkan yang ada di kubur. Allah bersemayam di

atas Arsy seperti dalam firmanNya:

"Allah bersemayam di atas 'Arsy". (QS. Thaha: 5)

Allah. memiliki dua tangan, tapi tidak boleh ditakyif, seperti dalam firmanNya:

"Telah Kuciptakan dengan kedua tangan-Ku". (QS. Shad: 75) dan firmanNya

"Tetapi kedua-dua tangan Allah terbuka." (QS. al-Maidah: 64)

Allah memiliki dua mata tanpa ditakyif, seperti dalam firmanNya:

"Yang berlayar dengan pengawasan mata Kami." (QS. al-Qamar: 14)

Siapa yang menyangka bahwa nama-nama Allah bukanlah Al¬lah maka

sungguh dia sesat, Allah berilmu seperti dalam firmanNya

"Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula)

melahirkan melainkan dengan ilmu-Nya." (QS. Fathir: 11)



Kita menetapkan bahwa Allah mendengar dan melihat, kita tidak

menafikannya seperti dilakukan oleh orang-orang Mu'tazilah, Jahmiyyah,

dan Khawarij."



Beliau berkata dalam kitabnya Maqalatul lslamiyyin wa lkhtilafil

Mushallin hal. 290: Kesimpulan apa yang diyakini oleh ahli hadis dan

Sunnah bahwasanya mereka mengakui keimanan kepada Allah, para

malaikatNya, kitab-kitabNya, para rasulNya, dan apa yang dibawa oleh

mereka dari sisi Allah dan apa yang diriwayatkan oleh para ulama yang

terpercaya dari Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam, mereka tidak

akan menolak sedikitpun. Dan bahwasanya Allah adalah Ilah yang Esa,

tiada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Dia, Dia Esa dan tempat

bergantung seluruh makhluk, tidak memerlukan anak dan isteri. Dan

bahawasanya Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam adalah hamba dan

utusanNya.



Mereka memandang wajibnya menjauhi setiap penyeru kepada kebid'ahan

dan hendaknya menyibukkan diri dengan membaca al-Qur'an, menulis

atsar-atsar, dan menelaah fiqih, dengan selalu tawadhu', tenang,

berakhlak yang baik, menebar kebaikan, menahan diri dari mengganggu

orang lain, meninggalkan ghibah dan namimah, dan berusaha

memperhatikan keadaan orang yang kekurangan.



Inilah kesimpulan dari apa, yang mereka perintahkan, amalkan, dan

mereka pandang, dan kami mengatakan sebagaimana yang kami sebutkan

dari mereka dan kepada ini semua kami bermazhab, dan tidaklah kami

mendapatkan taufiq kecuali dari Allah."





ada sebilangan mendakwa, kitab al=ibanah adalah bukti taubat abu hasan

dari ulasan beliau tentang tauhid sifat dua puloh....



hakikatnya, kitab al-ibanah adalah petanda taubat beliau dari aqidah

mu'tazilah, bukan aqidah sifat dua puloh...



tidak ada fakta yang menyatakan abu hasaan al-asyari menafikan aqidah

sifat dua puloh beliau itu, ini adalah kerana, kandungan sifat dua

puloh itu terkandung dalam kitab luma' fi raddi 'ala ahl bidaah,

karangan beliau. kitab tersebut dikarang selepas dari beliau menulis

kitab al-ibanah....



sekian







Abu jahal (dalam kitab hadis ni tulis abu jahil) mati dibunuh

hadis 1771 jilid 3 sahih Muslim

dari Anas bin Malik r.a katanya rasulullah saw bersabda “Siapa yang

sanggup mencari berita mengenai kegiatan abu jahal?” maka berangkatlah

ibnu Mas’ud , didapati Abu jahal telah dipukul rubuh oleh dua orang

anak “Afra (orang anshar, anak petani kurma), sehingga dia tidak

berdaya.Lalu kupegang janggutnya, sambil berkata, “engkau abu jahal?”

jawabnya “tidaklah menjadi kehinaan bagiku jika engkau yang

membunuhku, atau dibunuh oleh kaumku sendiri” Kata Abu Mijlaz, “Abu

jahal mengatakan :asal aku jangan dibunuh anak petani.




No comments:

Post a Comment